Selasa, 20 Desember 2016

CARA EDIT VIDEO DENGAN VIDEOPAD GRATIS

Berbicara mengenai editing video memang tidak pernah ada habisnya. Berbagai hal selalu bisa menjadi bahan untuk dibicarakan. Salah satunya adalah terkait bagaimana cara memotong-motong file video. Hal ini sangat bermanfaat jika kita sedang ingin membuat sebuah video menjadi lebih ringkas. Misalnya saja hanya ingin mengambil sebagian adegan dari sebuah film. Membuang beberapa bagian dari video pribadi yang kita miliki. Memotong adegan yang salah. Atau berbagai keperluan lain yang mungkin tidak saya sebutkan. 

Memotong video yang pendek memang bukan sebuah masalah, karena beberapa aplikasi sederhana mungkin sudah cukup mampu untuk melakukannya. Namun, saat video tersebut video yang panjang sampai berjam-jam ataupun memiliki codex yang cukup kompleks sehingga tidak terbaca oleh aplikasi bersangkutan. Kita (saya) kerepotan. Itulah yang saya rasakan ketika saya beberapa saat lalu ingin memotong video kualitas HD yang saya miliki. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk memotong-motong video serta mengedit file video yang saya miliki. Sebuah aplikasi ringan sekitar 5 MB, bernama VideoPad.

Cara Memotong-motong (Cut) Video dengan VideoPad
Untuk memotong-motong file video di videopad, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memasukan video yang ingin kita potong kedalam aplikasi tersebut. Bisa dengan seret maupun melalui menu insert media kemudian menyeret ke jendela pengeditan dibawah. Setelah itu pilih bagian yang ingin kita potong dengan klik pada waktu (Time di Video) yang bersangkutan, kemudian klik split di bawah preview video (kotak merah).
Semakin banyak Split semakin baik. Dengan melakukan Split kita membuat video tersebut seolah menjadi beberapa video yang disambung-sambungkan. Silahkan saja klik bagian yang ingin dibuang, lalu klik delete. 
Menyimpan Hasil Kerja
JIka anda sudah memotong-motong (cut) video sesuai dengan yang anda inginkan serta sesuai dengan keinginan anda saat video di play (preview). Maka langkah berikutnya anda cukup menyimpan video yang anda buat dengan klik Eport Video di pojok kanan atas.  Sebelum menyimpan anda juga bisa mengubah ukuran video (custom) sendiri baik lebar ataupun tingginya, atau silahkan pilih beberapa pilihan yang ada saja.

Mau coba silahkan isntall dulu software gratisan VideoPad [DISINI]
Save files kemudian jalankan programnya (run) saja, tunggu beberapa menit sampai selesai install nya.
Selamat mencoba untuk edit video dan upload ke youtube.

Dibawah saya kasih satu contoh hasil embed video youtube yg telah diedit untuk dapat dipasang dalam head banner otomatis berulang-ulang dalam widget blog atau wordpress.



Mau coba silahkan copy paste kode html dibawah kedalam widget atau postingan boleh juga.  Selengkapnya >>> http://www.infoanekalovinabali.blogspot.co.id

<div style="clear: both; float: none; height: 250px; height: 40%; margin: 2px auto; width: 100%; width: 400px;"><embed allowfullscreen="true" height="40%" src="https://www.youtube.com/v/nQljRGXhwdY?rel=0&amp;autoplay=1&amp;loop=1&amp;playlist=nQljRGXhwdY" title="Adobe Flash Player" type="application/x-shockwave-flash" width="100%" wmode="transparent"></embed></div>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar